IMPLEMENTASI PANCASILA
Implementasi
Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
a.
Bidang Politik
1)
Kebebasan berserikat dan berkumpul
2)
Pemerintahan Daerah mandiri baik itu dalam
penentuan kepala daerah, struktur organisasi, hingga penentuan APBD.
3)
Kedudukan Presiden tidak lagi memiliki
kekuasaan yang sangat besar tetapi harus dibagi dengan DPR.
4)
Kedudukan DPR harus kreatif dan kaya
inisiatif.
5)
Konstitusi dalam kurun waktu tidak lebih
dari lima tahun sudah mengalami empat kali perubahan (amandemen). Daerah
memiliki kewenangan yang diakui keberadaannya untuk menentukan aturan
perundangan yang sifatnya lokal
b.
Bidang Ekonomi
1)
Bidang ekonomi muncul konsep ekonomi
kerakyatan
2)
Orientasi pembangunan ekonomi dikembangkan
menjadi pengembangan ekonomi kerakyatan
c.
Bidang Sosial-Budaya
1)
Munculnya keterbukaan dalam penerbitan
media massa, baik yang cetak maupun elektronik
2)
Munculnya kebijakan pengakuan akan hak
milik dan hak cipta.
3)
Terjadinya suasana dan nuansa kebebasan
dalam menyampaikan aspirasi kepada publik
4)
Berkurangnya keterlibatan militer dalam
praktek pemerintahan
5)
Munculnya konsep otonomi kampus, otonomi
pendidikan, otonomi sekolah
6)
Munculnya kebijakan netralitas PNS dalam
politik
d.
Bidang Pertanahan dan Kemanan.
1)
Meningkatkan pertahanan negara dengan
menjaga keutuhan NKRI melalui penempatan prajurit dibatas-batas negara.
2)
Meningkatkan pengawasan di laut dari
eksploitasi ilegal yang dilakukan oleh penduduk maupun warga asing,
e.
Bidang Pendidikan.
1)
MeningkatKan mutu dan biaya pendidikan.
2)
Sekolah gratis
3) Program wajib belajar.
Implementasi pancasila
sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
a.
Mengenal keteladanan proklamator
b.
Mengenal sila-sila Pancasila
c. Menampilkan tutur kata, sikap, dan
perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat sekitar.
d.
Mengenal baik dan buruk dalam bertutur
kata, berperilaku, dan bersikap dalam kehidupan
e.
Mengenal keteladanan tokoh-tokoh BPUPKI
f. Menampilkan tutur kata, perilaku, dan
sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan keluarga.
g. Mengenal baik dan buruk dalam bertutur
kata, berperilaku, dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan
masyarakat sekitar.
h. Mengenal keteladanan tokoh-tokoh PPKI
dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
i. Membiasakan diri untuk
bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari
di lingkungan masyarakat sekitar.
Implementasikan nilai filsafat Pancasila dalam proses
pembelajaran
Nilai
Ketuhanan
a.
Mengucapkan salam sebelum dan sesudah pelajaran
b.
Siswa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
c.
Melaksanakan perayaan hari besar agama
Nilai
kemanusiaan
a.
Mengajak siswa menjenguk siswa lain yang sakit
b.
Menjalankan tutor sebaya dimana siswa yang sudah mampu
membantu siswa yang lain yang belum mampu
Nilai
persatuan
a.
Mengajak siswa mengikuti upacara bendera setiap hari senin
dan upacara hari nasional tertentu
b.
Membagi kelompok belajar tanpa membeda-bedakan agar siswa
belajar bersatu dan saling menghargai
c.
Melaksanakan pembelajaran dimana siswa dapat bersatu untuk
menyelesaikan tugas
d.
Menyanyikan lagu Indonesia Raya atau lagu wajib nasional
sebelum pembelajaran
e.
Guru dan siswa hormat kepada bendera merah putih sebelum
pelajaran
Nilai
kerakyatan
a.
Mengajarkan kepada siswa untuk saling menghargai pendapat
siswa lain
b.
Melakukan voting saat pemilihan ketua kelas
c.
Melaksanakan pembelajaran dengan role playing agar siswa
dapat memahami pemilu
d.
Menggunakan metode pembelajaran diskusi agar siswa belajar
memberikan dan menerima pendapat
Nilai
keadilan
a.
Memberikan konekuensi yang sesuai terhadap perilaku siswa
b.
Membagi kelompok belajar secara adil
c. Memberikan nilai secara adil
Implementasi nilai filsafat pancasila sebagai anggota masyarakat dalam
kehidupan berbagsa dan bernegara
Sila ke 1
a.
saling menghormati dengan umat yang seagama maupun
berbeda agama
b.
tidak menjelek-jelekkan agama lain
c.
tidak melakukan penistaan dari suatu agama
Sila ke 2
a.
tidak membeda-bedakan orang lain.
b.
memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan
martabatnya
c.
saling mencintai sesama manusia.
d.
melakukan kegiatan kemanusiaan, seperti acara acara
bakti sosial, menggalang dana untuk korban bencana alam
Sila ke 3
a.
Membina hubungan baik dengan tetangga
b.
Bergaul dengan tetangga.
c.
Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia.
d.
Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan
pribadi
Sila ke 4
a.
Menghargai hasil musyawarah.
b.
Mengikuti pemilihan umum, pilpres, dan pilkada.
c.
Tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
d.
Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
Sila ke 5
a.
Tidak bersifat boros dan suka bekerja keras
b.
Tidak bergaya hidup mewah.
c.
Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota
masyarakat secara seimbang
d.
Membagi sesuatu secara adil
0 Response to "IMPLEMENTASI PANCASILA"
Post a Comment