IMPLEMENTASI PANCASILA

Implementasi Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia
a.    Bidang Politik
1)   Kebebasan berserikat dan berkumpul
2)   Pemerintahan Daerah mandiri baik itu dalam penentuan kepala daerah, struktur organisasi, hingga penentuan APBD.
3)   Kedudukan Presiden tidak lagi memiliki kekuasaan yang sangat besar tetapi harus dibagi dengan DPR.
4)   Kedudukan DPR harus kreatif dan kaya inisiatif.
5)   Konstitusi dalam kurun waktu tidak lebih dari lima tahun sudah mengalami empat kali perubahan (amandemen). Daerah memiliki kewenangan yang diakui keberadaannya untuk menentukan aturan perundangan yang sifatnya lokal

b.    Bidang Ekonomi
1)   Bidang ekonomi muncul konsep ekonomi kerakyatan
2)   Orientasi pembangunan ekonomi dikembangkan menjadi pengembangan ekonomi kerakyatan
c.    Bidang Sosial-Budaya
1)   Munculnya keterbukaan dalam penerbitan media massa, baik yang cetak maupun elektronik
2)   Munculnya kebijakan pengakuan akan hak milik dan hak cipta.
3)   Terjadinya suasana dan nuansa kebebasan dalam menyampaikan aspirasi kepada publik
4)   Berkurangnya keterlibatan militer dalam praktek pemerintahan
5)   Munculnya konsep otonomi kampus, otonomi pendidikan, otonomi sekolah
6)   Munculnya kebijakan netralitas PNS dalam politik

d.    Bidang Pertanahan dan Kemanan.
1)   Meningkatkan pertahanan negara dengan menjaga keutuhan NKRI melalui penempatan prajurit dibatas-batas negara.
2)   Meningkatkan pengawasan di laut dari eksploitasi ilegal yang dilakukan oleh penduduk maupun warga asing,
e.    Bidang Pendidikan.
1)   MeningkatKan mutu dan biaya pendidikan.
2)   Sekolah gratis
3)  Program wajib belajar.


Implementasi pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
a.    Mengenal keteladanan proklamator
b.    Mengenal sila-sila Pancasila
c. Menampilkan tutur kata, sikap, dan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar.
d.    Mengenal baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap dalam kehidupan
e.    Mengenal keteladanan tokoh-tokoh BPUPKI
f.  Menampilkan tutur kata, perilaku, dan sikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah dan keluarga.
g.  Mengenal baik dan buruk dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat sekitar.
h.  Mengenal keteladanan tokoh-tokoh PPKI dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari.
i.  Membiasakan diri untuk bertutur kata, berperilaku, dan bersikap yang baik dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat sekitar.


Implementasikan nilai filsafat Pancasila dalam proses pembelajaran
Nilai Ketuhanan
a.    Mengucapkan salam sebelum dan sesudah pelajaran
b.    Siswa berdoa sebelum dan sesudah pelajaran
c.    Melaksanakan perayaan hari besar agama
Nilai kemanusiaan
a.    Mengajak siswa menjenguk siswa lain yang sakit
b.    Menjalankan tutor sebaya dimana siswa yang sudah mampu membantu siswa yang lain yang belum mampu
Nilai persatuan
a.    Mengajak siswa mengikuti upacara bendera setiap hari senin dan upacara hari nasional tertentu
b.    Membagi kelompok belajar tanpa membeda-bedakan agar siswa belajar bersatu dan saling menghargai
c.    Melaksanakan pembelajaran dimana siswa dapat bersatu untuk menyelesaikan tugas
d.    Menyanyikan lagu Indonesia Raya atau lagu wajib nasional sebelum pembelajaran
e.    Guru dan siswa hormat kepada bendera merah putih sebelum pelajaran
Nilai kerakyatan
a.    Mengajarkan kepada siswa untuk saling menghargai pendapat siswa lain
b.    Melakukan voting saat pemilihan ketua kelas
c.    Melaksanakan pembelajaran dengan role playing agar siswa dapat memahami pemilu
d.    Menggunakan metode pembelajaran diskusi agar siswa belajar memberikan dan menerima pendapat
Nilai keadilan
a.    Memberikan konekuensi yang sesuai terhadap perilaku siswa
b.    Membagi kelompok belajar secara adil
c.  Memberikan nilai secara adil


Implementasi nilai filsafat pancasila sebagai anggota masyarakat dalam kehidupan berbagsa dan bernegara
Sila ke 1
a.    saling menghormati dengan umat yang seagama maupun berbeda agama
b.    tidak menjelek-jelekkan agama lain
c.    tidak melakukan penistaan dari suatu agama
Sila ke 2
a.    tidak membeda-bedakan orang lain.
b.    memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya
c.    saling mencintai sesama manusia.
d.    melakukan kegiatan kemanusiaan, seperti acara acara bakti sosial, menggalang dana untuk korban bencana alam
Sila ke 3
a.    Membina hubungan baik dengan tetangga
b.    Bergaul dengan tetangga.
c.    Menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Indonesia.
d.    Mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi
     Sila ke 4
a.    Menghargai hasil musyawarah.
b.    Mengikuti pemilihan umum, pilpres, dan pilkada.
c.    Tidak memaksakan kehendak kita kepada orang lain.
d.    Menghormati dan menghargai pendapat orang lain.
     Sila ke 5
a.    Tidak bersifat boros dan suka bekerja keras
b.    Tidak bergaya hidup mewah.
c.    Melaksanakan hak dan kewajiban sebagai anggota masyarakat secara seimbang
d.    Membagi sesuatu secara adil
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

0 Response to "IMPLEMENTASI PANCASILA"

Post a Comment

pesan dan kesan:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel