TEKNOLOGI, PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI



A.    PENGERTIAN TEKNOLOGI
Ketika kamu berangkat sekolah, kendaraan apa yang kamu naiki?. Kamu bisa naik bis, sepeda, diantar dengan sepeda motor atau mobil. Bis, sepeda, sepeda motor dan mobil termasuk teknologi. Teknologi mempermudah manusia menjalani hidupnya.
Teknologi ada hubungannya dengan kata ” teknik”. Kata teknik di sini berarti keseluruhan sarana atau alat yang digunakan manusia untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan manusia. Misalnya, manusia membutuhkan hiburan. Televisi menyediakan hiburan yang dibutuhkan manusia tersebut.
Ada bermacam-macam teknologi yang diciptakan manusia. Ada teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.

B.     Perkembangan Teknologi Produksi
Masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu telah mengenal teknologi. Namun, jenis teknologi yang digunakan masih sederhana sekali. Kegiatan produksi erat kaitannya dengan industri. Teknologi industri adalah suatu usaha melakukan kegiatan yang merubah dari satu atau beberapa barang mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Contoh barang mentah di antaranya adalah ikan, tembakau, teh, kayu, karet, daging dan tebu. Contoh barang setengah jadi yaitu triplek, papan, dan kulit.

Teknologi industri menggunakan teknologi produksi, yaitu teknologi yang digunakan dalam proses produksi. Teknologi produksi pada jaman dahulu berbeda dengan jaman sekarang.
Pada masa lalu untuk membuang kulit padi, dilakukan dengan cara menumbuk padi dengan lesung. Padi ditumbuk hingga mengelupas kulitnya. Seringkali berasnya juga ikut hancur menjadi kecil-kecil. Kemudian padi yang sudah ditumbuk ditampi, dipisahkan antara kulit padi dengan beras. Sisa dari kulit yang lembut digunakan untuk makanan ternak. Dengan adanya kemajuan teknologi di bidang industri, penggilingan padi dilakukan dalam waktu singkat, beras terpisah dari kulitnya dengan sendirinya dan hasilnya juga lebih baik.


Ani-ani
Bajak
1.      Teknologi Produksi Tradisional
Teknologi produksi yang dipakai oleh masyarakat pada masa lalu masih sangat sederhana. Hal ini disebabkan industri yang berkembang saat itu merupakan industri rumah tangga.
a.       Industri makanan dan minuman
Industri makanan dan minuman merupakan jenis industri yang khusus menghasilkan barang untuk dimakan dan diminum. Hasil industrinya berupa kripiktempe, tahu, pemindangan ikan asin, pembuatan minyak ikan, sirup dan berbagai jenis jamu.
Untuk memproduksi obat-obatan pun teknologinya mengalami perkembangan yang pesat. Dahulu manusia hanya meramu dan menumbukobat-obatan dari bahan alami. Saat ini meskipun bahanya ada yang dari bahan alami, tetapi pengolahannya sudah dengan menggunakan mesin. Dengan mesin proses pembuatan obat lebih cepat dan higienis.
Bagi kamu yang makanan pokoknya nasi tentu tiap hari makan nasi. Pernahkah kamu berpikir dari mana nasi yang kamu makan tiap hari itu berasal?. Untuk dapat menikmati sepiring nasi ternyata prosesnya cukup panjang. Nasi berasal dari beras, beras berasal dari tanaman padi. Pernahkah kamu melihat orang menanam padi di sawah? Sebulum ditanami biasanya lahan digemburkan terlebih dahulu. Pada masa lalu penggemburan tanah dilakukan dengan dicangkul atau dibajak. Mencangkul benar-benar menggunakan tenaga manusia sedangkan membajak sudah dibantu tenaga sapi atau kerbau. Para petani di masa kini, untuk menggemburkan tanah sudah dapat menggunakan alat bermesin. Alat ini disebut traktor. Dengan traktor kegiatan menggemburkan tanah dapat lebih ringan, mudah dan cepat. Meskipun demikian saat ini masih ada petani yang menggemburkan sawah dengan cangkul dan bajak.
Traktor untuk membajak sawah merupakan teknologi jaman sekarang yang menggantikan fungsi bajak yang ditarik kerbau.
Ketika padi sudah dipanen, butir padi harus dipisahkan dari batangnya. Kulit padi juga harus dipisahkan dengan isinya (beras). Untuk melakuakn kedua proses ini orang sekarang juga sudah menggunakan mesin. Debanya dengan jaman dahulu yang masih menggunakan tenaga manual. Untuk memisahkan padi dari batangnya, padi dipukul-pikulkan pada sebatang kayu. Sedangkan untuk memisahkan kulit padi dengan isinya (beras) menggunakan lesung dan alu. Padi ditumbuk hingga mengelupas kulitnya. Seringkali berasnya juga ikut hancur menjadi kecil-kecil, menumbuk padi dengan lesung banyak dilakukan oleh kaum perempuan.
b.      Industri kerajinan
Industri kerajianan di Indonesia beragam jenisnya. Industri tersebut menghasilkan barang sesuai dengan bahan dasarnya. Misalnya kerajinan dari bahan logam, anyam-anyaman, kertas, kulit dan bahan lainnya.
c.       Industri tenun
Industri tenun merupakan kegiatan pemintalan dari bahan mentah menjadi lembaran kain dengan teknologi sederhana. Untuk membuat selembar kain dibutuhkan waktu yan cukup lama.
Untuk memenuhi kebutuhan sandang, masyarakat masa lalu menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu dengan rakitan yang sangat sederhana. Untuk bahan pewarnanya biasanya digunakan bahan-bahan dari kulit pohon atau daun tanaman. Mereka meraciknya secara sederhana. Tentu saja pekerjaan ini memerlikan tenaga yang cukup besar dan waktu yang lama. Produk yang dihasilkannya pun tidak banyak. Masyarakat masa kini sudah dapat memenuhi kebutuhan sandangnya dengan mudah. Alat-alat yang berteknologi modern sudah banyak ditemukan. Pabrik tekstil dengan mesin-mesin modern dapat menghasilkan kain dalam waktu besar dan kualitas yang tinggi. Bahan baku pembuatan kain pun juga lebih bervariasi, misalnya kapas, bulu biri-biri serta bahan sintetis (buatan). Meskipun demikian, saat ini masih banyak orang yang menggunakan cara dan bahan tradisional. Biasanya harganya justru lebih mahal.
d.      Industri batik
Batik merupakan pakaian corak khas nasional. Batik terdiri atas batik tulis dan batik cap. Pada masa lalu, industri batik lebih banyak berupa batik tulis. Harga batik tulis cukup mahal dari pada batik cap. Cara penggerjaanya membutuhkan waktu lama dan membutuhkan ketelitian supaya hasilnya baik.
e.       Industri mebel
Mebel merupakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari bahan kayu seperti, lemari, meja, kursi, dan tempat tidur. Bahannya dibuat dari berbagai jenis kayu seperti kayu jati, meranti, sengon, mahoni, dan janis kayu lainnya. Mebel yang baik terbuat dari kayu jati, tetapi harganya mahal.
f.       Industri keramik
Bahan yang digunakan untuk membuat keramik adalah tanah liat. Industri kerajinan keramik dapat menghasilkan berbagai macam barang, misalnya genting, batu bata, aneka permainan anak-anak, pot bunga, alat-alat dapur, dan berbagai macam peralatan rumah tangga.

2.      Teknologi Produksi Masa Kini (Modern)
Industri masa kini dapat dibedakan menjadi industri ringan dan industri berat.
a.       Industri ringan
Industri ringan merupakan kegiatan industri dengan menggunakan mesin dan menghasilkan barang yang langsung diperlukan oleh konsumen. Termasuk dalam industri ringan di antaranya adalah industri makanan dan minuman, industri tekstil, dan industri kertas.
1)      Industri makanan dan minuman
Industri makanan dan minuman misalnya pabrik gula, pabrik pengalengan susu, dan pabrik pengalengan minuman.
2)      Industri tekstil
Industri tekstil merupakan industri yang mengolah bahan mentah (kapas) menjadi benang atau yang disebut industri pemintalan benang. Pabrik pemintalan benang terdapat di Jakarta, Bandung, Semarang, Cilacap, dan Bali. Pabrik tenun terdapat di Jakarta, Bandung, surabaya, Pekalongan, dan Medan.
3)      Industri kertas
Kertas dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, misalnya untuk pembuatan buku tulis, buku cetak, surat kabar, tisu, dan pembungkus. Pabrik kertas antara lain terdapatdi Pamatang Siantar, Langsa, Takengan, Probolinggo, Sidoarjo, dan Makasar.

Macam-macam teknologi produksi masa kini

b.      Industri berat
Industri berat mengolah bahan mentah menjadi bahan baku, menghasilkan alat produksi dan menghasilkan mesin-mesin. Jenis industri berat antara lain industri pupuk, industri semen, industri besi baja, industri perakitan, industri galangan kapal, dan industri pesawat terbang.
1)      Industri pupuk
Untuk keperluan pertanian dibuat berbagai macam pupuk seperti urea, TSP, NPK, dan ZA. Industri pupuk terdapat di Bontang, Palembang, dan Jawa Barat.
2)      Industri semen
Semen merupakan salah satu bahan bangunan. Pabrik semen terdapat di Cibinong, Cilacap, Gresik, Indarung, Padang dan Tonasa.
3)      Industri perakitan
Perakitan merupakan kegiatan usaha yang berfungsi merakit berbagai bagian dari mesin untuk dapat digunakan. Bahan yang akan dirakit didatangkan dari luar negeri. Industri perakitan di Indonesia misalnya PT. ASTRA (merakit kendaraan), PT. Grungig (merakit televisi), dan PT. Gaya Motor (merakit mesin).
4)      Industri galangan kapal
Galangan kapal berfungsi untuk memperbaiki kapal agar layak berlayar. Galangan kapal banyak terdapat di pelabuhan-pelabuhan besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan , dan Banjarmasin.

C.    Perkembangan Teknologi Komunikasi
  1. Pengertian Komunikasi
Setiap manusia perlu berhubungan dengan orang lain. Berhubungan denga orang lain dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara berhubungan dengan orang lain dinamakan komunikasi. Komunikasi merupakan penyampaian pesan dari seseorang ke orang lain. Jika ingin berkomunikasi dengan teman yang dekat tempatnya dapat bertemu secara langsung. Tetapi jika teman bicara berada di tempat yang jauh kita perlu menggunakan alat komunikasi.
Apa yang dimaksud dengan komunikasi? Komunikasi merupakan kegiatan mengirim dan menerima pesan. Kamu berbicara dengan temanmu merupakan contoh komunikasi. Sejak kapan manusia berkomunikasi? Sejak zaman dahulu orang sudah bisa mengadakan komunikasi dengan orang lain. Baik yang berdekatan maupun yang berjauhan tempat tinggalnya. Apakah komunikasi hanya dengan bicara? Tentu saja tidak. Menyampaikan pesan bisa dengan bicara/lisan, tulisan dan bisa juga dengan isyarat. Mengirim pesan lewat surat merupakan contoh komunikasi dengan tulisan. Contoh pesan dengan isyarat adalah dengan menggunakan bendera, lampu ataupun asap.

  1. Cara Komunikasi
a.       Komunikasi lisan
Ketika teknologi belum berkembang seperti sekarang, orang kesulitan berkomunikasi secara lisan dengan orang yang letaknya jauh. Mereka haruslah bertemu terlebuh dahulu. Namun kini kita sangat mudah melakukan komunikasi lisan meskipun letaknya berjauhan. Kita dapat berbicara secara langsung kepada orang yang letaknya jauh melalui pesawat telepon. Kemudian dengan kemajuan teknologi semakain banyak tercipta alat-alat komunikasi yang canggih seperti radio, televisi dan internet. Bahkan sekarang dengan teknologi satelit, komunikasi jarak jauh dapat dilakukan tanpa kabel. Yakni dengan alat yang dinamakan telepon seluler.
b.      Komunikasi tertulis
Komunikasi tertulis melalui surat dari dulu samapi sekarang masih dilakukan orang. Sebelum ditemukan kertas, biasanya orang menulis surat pada daun, pelepah pohon atau kulit batang. Surat diantar oleh seorang kurir (pengantar surat). Pada masa lalu mereka mengantar surat dengan berjalan kaki atau menggunakan kuda. Masyarakat masa kini menulis di atas kertas dengan cara tulis tangan atau diketik. Surat dapat kita kirim ke tujuan yang jauh tempat tinggalnya melalui kantor pos. Cepat atau lambatnya pengiriman tergantung pada biaya atau perangko yang diberikan. Dengan berkembangnya teknologi sekarang kita pun dapat mengirim surat lewat faksimile. Faksimile merupakan mesin cetak/fotocopy jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan telepon. Dengan faksimile surat dapat diterima salinannya secara langsung. Alat komunikasi tertulis lainnya adalah koran, majalah dan buku yang disebut sebagai media cetak. Telepon genggam dan internet juga dapat dimanfaatkan untuk mengirim pesan tertulis yang disebut dengan SMS (Short Messege Service) dan e-mail atau surat elektronik.
Teknologi komunikasi pada jaman dulu dengan sekarang telah mengalami perkembangan yang pesat.

  1. Alat komunikasi pada masa lalu
Pada jaman dulu, selain dengan bahasa, komunikasi dapat dilakukan denag tanda-tanda seperti asap, api, bunyi-bunyian dan cahaya. Komunikasi secara tertulis pada masa lalu sebenarnya sudah ada. Ini dibuktikan dengan adanya berbagai prasasti peninggalan waktu itu. Tempat tulisan yang digunakan berupa kulit, daun lontar, dan batu. Bahasa yang digunakan adalah bahas Sansekerta.
Berikut ini adalah teknologi komunikasi jaman dulu:
a.       Kentongan
Kentongan digunakan sebagai alat komunikasi orang jaman dulu. Alat ini dipukul dengan menggunakan sebuah alat yang terbuat dari kayu/bambu. Kentongan ada yang terbuat dari bambu dan ada juga yang terbuat dari batang kayu yang diberi lobanng atau rongga di dalamnya.
Kentongan berfungsi sebagai sarana komunikasi di antara penduduk desa. Kentongan dipakai misalnya untuk:
1)      Memanggil warga desa melakukan kerja bakti
2)      Memanggil warga desa agar berkumpul di balai desa
3)      Memberitahu warga desa bahwa sedang terjadi pencurian/perampokan
4)      Memberitahu warga kalau ada warga yang meninggal
5)      Memberitahu warga kalau sedang terjadi bencana alam seperti banjir, gunung meletus, kebakaran dan sebagainya.
Cara membunyikan kentongan tersebut berbeda-beda. Misalnya cara membunyikan kentongan untuk kerja bakti atau musyawarah berbeda dengan ketika ada serangan, pencurian atau perampokan. Hal ini telah menjadi kesepakatan di antar warga desa.
Pada jaman dulu, setiap rumah mempunyai kentongan. Jaman sekarangpun, di desa-desa kentongan masih dipakai untuk komunikasi. Biasanya yang membunyikan adalah ketua RT, RW atau kepala desa. Tetapi bila ada pencurian atau perampokan, siapapun boleh membunyikannya.
b.      Telik sandi
Telik sandi atau mata-mata adalah orang yang dipilih untuk mengintip atau menyusup masuk ke dalam pertahanan musuh. Tugas utamanya adalah mencari tahu kekuatan dan kelemahan musuh. Informasi ini penting untuk mengalahkan musuh.
c.       Kurir
Selain kentongan, oarng jaman dulu berkomunikasi dengan menggunakan tenaga kurir. Kurir adalh orang yang ditunjuk untuk membawa pesan khusus. Pesan khusus itu bisa dalam bentuk surat atau lisan. Isinya biasanya adalah pesan rahasia antar kerajaan. Kurir harus melakukan penyamaran. Kurir adalah orang pilihan yang telah teruji keberanian dan kesetiaannya.
d.      Tali pohon
Cara ini digunakan pada jaman penjajahan. Seutas tali yang panjang dibentangkan dari satu pohon ke pohon lain. Tali itu menjadi alat komunikasi dari suatu tempat pengintaian ke perkampungan. Di ujung tali diberi kaleng atau alat-alat yang bila ditarik akan mengeluarkan bunyi-bunyian. Bunyi-bunyian ini merupakan tanda bahaya. Bila musuh datang, pemantau menarik tali keras-keras sehingga penduduk desa dapat segera bersembunyi ke tempat aman.
  1. Alat komunikasi masa sekarang
Pada dasarnya komunikasi ada dua macam, yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi langsung terjadi bila dua orang atau lebih berbincang-bincang dengan saling berhadap muka. Sedangkan komunikasi tidak langsung terjadi bila dua orang yang berkomunikasi menggunakan suatu alat perantara. Biasanya orangnya tidak berhadan secara langsung. Alat komunikasi jaman sekarang berupa surat, telegram, telepon, handie talkie, peger, telepon, TV, internet, koran dan majalah.
a.       Surat
Surat merupakan media komunikasi yang paling murah dan sangat sederhana. Jenis pengiriman surat dibedakan atas surat biasa, tecatat, kilat khusus.
Ada bermacam-macam surat. Jika dilihat dari bentuk, isi dan bahasanya, surat dapat dibedakan menjadi tida macam, yaitu surat pribadi, surat dinas dan surat niaga.
Ć¼  Surat pribadi
Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Misalnya antara orang tuan dan anaknya yang sedang merantau.
Ć¼  Surat dinas atau surat resmi
Surat dinas dibuat oleh kantor pemerintahan dari tingkat terendah sampai tingkat pusat.
Ć¼  Surat niaga
Surat niaga dibuat oleh para pelaku perdagangan. Isi surat adalah soal jual beli barang.
b.      Telegram
Telegram disebut juga surat kawat. Telegram ialah berita yang dikirim malalui telegraf. Kode-mode atau isyarat yang digunakan untu mengirim pesan malalui telegraf disebut morse. Mengirim telegram melalui kantor telegram. Berita yang hendak dikiri msebaiknya singkat namun jelas, sebab jika berita yang dikirim banyak, maka uang yang dikeluarkan untuk mengirimtelegram juga banyak.
c.       Faksimile
Faksimile merupakan alat komunikasi yang berupa cetakan. Sistem pengiriman berita menggunakan pesawat teleks yang dihubungkan pada jaringan telekomunikasi. Pengiriman berita dilakukan dengan mengetik pada printer. Secara otomatis akan tecetak pada teleprinter penerima. Pengirim pesan dan penerima pesan harus sama-sama mempunyai faksimile.
d.      Telepon genggam (HP)
Hampir semua kalangan telah menggunakan pesawat telepon genggam. Banyak orang menyebutnya handphone atau Hp. Telepon genggam mudah dibawa kemana-mana. Cara penggunaanya juga praktis. Orang dapat berkomunikasi kapan saja, cepat, mudah dan di mana saja.
Pengguna Hp dapat mengirim berita atau pesan dengan SMS (Short Messege Service) dan mengirim gambar. Sekarang telepon genggam ada yang dilengkapi dengan kamera, video, radio, mengakses internet, dan teknologi canggih lainnya.
e.       HT (hendiel talkie)
HT termasuk alat komunikasi yang menyerupai telepon genggam. Biasanya digunakan polisi, tentara, satpam, pendaki gunung dan tim SAR.
f.       Peger
Peger adalah alat komunikasi satu arah. Jika ada pesan yang masuk, peger akan berbunyi dan pesannya tertulis pada layar peger.
g.      Telepon
Telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell di Amerika Serikat. Ada telepon yang dihubungkan dengan kabel ada yang menggunakan jasa satelit. Telepon yang menggunakan jasa satelit dinamakan telepon seluler.
Sistem pembicaraan melalui telepon ada yang disebut lokal dan ada juga interlokal. Lokal yaitu hubungan telepon di dalam kota atau daerah yang berdekatan. Interlokal adalah sambungan telepon dari kota yang satu ke kota yang lain. Semakin jauh jarak sambungan telepon semakin besar biaya yang harus dikeluarkan. Oleh karena itu, kita harus hemat dalam menggunakan telepon. Bicaralah seperlunya saja supaya biaya telepon tidak terlalu mahal.
h.      Radio
Radio adalah salah satu alat komunikasi yang efektif. Pada jaman dulu, semangat perjuangan dikobarkan melalui radio. Melalui radio, para pemimpin bangsa dapat membangkitkan semangat para pejuang supaya tidak menyerah dan putus asa.
Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi. Ia berasal dari Italia. Marconi lahir pada tahun 1874 di Bologna, Italia. Ayahnya adalah orang Italia dan ibunya berasal dari Irlandia.
Di negara kita sudah ada banyak setasiun radio. Stasiun pemancar radioada yang dikelola pemerintah dan ada yang dikelola swasta. Stasiun pemancar radio pemerintahan bernama RRI (Radio Republik Indonesia). RRI berdiri pertama kali pada tanggal 11 September 1945.
i.        Televisi
Televisi ditemukan oleh John Logie Baird. Ia berkebangsaan Inggris. Ide pertamanya untuk membuat televisi gagal. Pada tahun 1923, dia mulai mengutak-atik mesin untuk memindahkan gambar sekaligus surat lewat radio. Dia berhasil mengirim gambar kasar ke pesawat penerima yang berjarak beberapa meter tanpa kabel. Pada bulan Januari 1926, dia mendemonstrasikan televisi di depan umum di Institut Kerajaan di London. Ini adalah peragaan televisi pertama kalinya.
Di Indonesia, dulu hanya ada satu stasiun televisi, yaitu TVRI. Sekarang, kita dapat menyaksikan berbagai acara dari banyak stasiun televisi. Televisi merupakan sarana komunikasi yang sangat penting karena menjadi sarana informasi dan hiburan.
Dengan media televisi, orang dapat mengetahui informasi tidak hanya berupa suara saja tetapi sekaligus melihat gambarnya. Dengan kemajuan komunikasi, melalui televisi orang bisa berbicara atau berkomunikasi jarak jauh dan dapat melihat orang yang sedang diajak bicara. Komunikasi ini dinamakan telewicara.

j.        Media cetak
Contoh media cetak adalah surat kabar dan majalah. Surat kabar dan majalah sangat besar manfaatnya karena mempunyai banyak informasi dan pengetahuan. Ada surat kabar harian, mingguan dan bulanan.
k.      Internet
Internet merupakan hasil teknologi komunikasi dan informasi yang sedang berkembang dan populer. Peralatan yang digunakan berupa seperangkat komputer melalui jasa jaringan telepon (satelit).
Internet dapat memberikan berbagai fasilitas dan manfaat bagi para  pengguna komputer. Teknologi komunikasi ini membawa pengaruh besar di berbagai bidang, seperi bidang pendidika, komunikasi, hiburan, ekonomi, dan politik. Pemakaian internet di suatu negara dapat berkomunikasi dengan pemakai internet di negara lain.
Selain alat komunikai mempunyai kelemahan dan keunggulan, baik alat komunikasi pada masa lalu maupun pada masa kini.
·         Keunggulan alat komunikasi masa lalu
    1. Mudah dibuat dan harganya murah
    2. Jika ada kerusakan, bahan penggantinya mudah dicari
    3. Sebagai sarana penghibur
·         Kelemahan alat komunikasi masa lalu
    1. Tidak dapat digunakan dalam jangka waktu lama
    2. Hanya dapat digunakan pada jarak dekat
    3. Berita diterima dalam waktu yang lam
    4. Berita sulit untuk disimpan
·         Keunggulan alat komunikasi jaman sekarang
    1. Dapat digunakan setiap waktu
    2. Digunakan dalam wilayah yang luas
    3. Menjangkau tempat yang jauh
    4. Diterima dalam waktu yang cepat

·         Kelemahan alat komunikasi jaman sekarang
    1. Harganya mahal
    2. Berbahaya jika digunakan sebagai alat kejahatan
    3. Kadang-kadang suku cadang belum ada

D.    Perkembangan Teknologi Transportasi
Sebenarnya transportasi sama dengan pengangkutan. Mengangkut adalah memindahkan barang atau orang dari suatu tempat ke tempat lainnya. Alat transportasi adalah alat yang digunakan untuk menganggkut penumpang atau barang. Sejak kapan manusia mengenal alat transportasi? Sejak dahulu orang sudah mengenal alat angkut walaupun sangat sederhana. Mereka menggunakan tenaga hewan bahkan tenaga manusia sebagai alat transportasi. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi transportasi sekarang telah mengalami perubahan yang sangat pesat. Secara garis besar alat transportasi dapat kita kelompokkan menjadi tiga, yaitu transportasi darat, air dan udara.
1.      Jenis-jenis transportasi masa lalu
a.       Angkutan darat
Untuk angkutan darat, biasanya orang memanfaatkan tenaga hewan piaraan. Jenis angkutan pada masa lalu belum menggunakan tenaga mesin karena waktu itu mesin belum diciptakan. Alat angkut masa lalu banyak menggunakan tenaga manusia dan tenaga hewan seperti gerobak dorong, pedati, dan andong. Untuk mengangkut kayu dari hutan dapat menggunakan tenaga gajah.
Kemampuan jelajah angkutan darat pada masa lalu masih sangat terbatas dan memerlukan waktu yang lama. Sekarang orang masih menggunakan alat transportasi tersebut namun tidak menjadi alat utama. Seringkali kuda dan delman digunakan sebagai sarana rekreasi saja. Sejak ditemukan mesin uap, berkembang pula kendaraan bermesin lainnya. Alat transportasi bermesin seperti sepeda motor, mobil, kereta api merupakan alat transportasi yang modern. Dengan alat transportasi tersebut, jarak jauh dapat ditempuh dalam waktu yang singkat.
Salah satu binatang yang dimanfaatkan untuk pengangkutan adalah kuda. Dari zaman dulu hingga sekarang kuda sering digunakan manusia. Baik untuk alat transportasi maupun pengangkut barang.
Menurut penemuan terbaru Jurnal Ilmu Pengetahuan Internasional, kuda sudah dimanfaatkan manusia sejak 5500 tahun lalu. Hal ini diketahui dengan ditemukannya ukiran batu di negara Kazakhstan.
Ukiran tersebut dibuat masyarakat suku Botai yang dulu tinggal disana. Mereka menggunakan kuda sebagai pengangkut barang dan alat transportasi. Selain itu, mereka juga memanfaatkan susu dan daging kuda.
Pemanfaatan kuda menggambarkan masyarakat zaman prasejarah dulu sudah mulai mengembangkan komunikasi, transportasi dan pertanian. Dengan memanfaatkan kuda, masyarakat zaman dahulu bisa berkeliling ke daerah lain untuk menyebarkan budayaya dan untuk mempertahankan diri dari serangan musuh atau hewan buas.
Hingga hari ini kuda masih dimanfaatkan oleh manusia, termasuk daging dan susunya untuk dikonsumsi.
b.      Angkutan air
Sebelum mengenal perahu, nenek moyang kita hanya menggunakan sampan untuk mengarungi lautan. Dari sampan berkembang menjadi perahu yang dijalankan dengan dayung. Ada pila yang disebut perahu bercadik. Pada perahu bercadik, untuk menjaga keseimbangan agar tidak mudah goyang diberi alat keseimbangan. Untuk menghemat tenaga ketika mendayung mereka menggunakan tenaga angin.
]


2.      Jenis-jenis transportasi masa kini
a.       Angkutan darat
1)      Angkutan jalan raya
Angkutan jalan raya ada yang bermesin dan ada yang tidak bermesin. Alat transportasi bermesin misalnya mobil, sepeda motor, truk, bis dan bemo. Alat transportasi yang tidak bermesin di antaranya becak, sepeda, grobak dan kereta kuda.
Semua alat transportasi berkembang dari bentuk yang sederhana. Misalnya sepeda, sepeda pertama kali tidak mempunyai pedal atau kayuh. Pedal atau kayuh pertama ditemukan seorang pandai besi dari Skotlandia. Pedal itu dipasang di roda belakang. Kemudian, sepeda Prancis dibuat dengan memakai pedal atau kayuh di depan. Roda belakang dibuat lebih besar. Sepeda pertama memakai roda besi. Setelah itu, roda besi diberi karet keras. Tahun 1885, sepeda sudah seperti sepeda sekarang. Sesudah tahun 1888, ban keras diganti dengan ban yang diisi angin.
Lalu berfikir untuk membuat sepeda yang tidak perlu dikayuh. Lalu sepeda itu ditambah mesin. Jadilah sepeda motor. Sepeda motor pertama adalah sepeda biasa yang dijalankan dengan mesin uap. Sepeda motor itu dibuat oleh Ernest dan Pierre Michaux tahun 1085.
Sepeda motor yang ada sekarang jauh lebih cepat dan lebih modern. Sekarang, kita dapat menemukan berbagai merek speda motor. Sepada motor dapat juga digunakan untuk hiburan, misalnya balapan dan akrobat.
Yang lebih maju lagi adalah mobil. Teknologi yang digunakan untuk membuat mobil juga berkembang. Mobil pertama dibuat di Jerman pada tahun1880. orang-orang yang terkenal sebagai pembuat mobil adalah Carl Benz, Henry Ford, dan Suzuki.
2)      Kereta api
Pada mulanya kereta api digerakkan oleh lokomotif tenaga uap yang menggunakan bahan bakar kayu atau batu bara. Sekarang kereta api digerakkan oleh lokomotif yang menggunakan tenaga disel dan tenaga listrik.
Sekarang kita mengenal ada kereta barang dan kereta penumpang. Kereta barang adalah rangkaian kereta api yang khusus mengangkut barang-barang kebutuhan. Misalnya saja semen, pupuk, beras, gula, pasir, batu, kayu, hewan ternak, minyak dan sebagainya. Kereta penumpang adalah rangkaian kereta api yang khusus mengangkut orang.
Kereta api tidak dapat berhenti di sembarang tempat untuk menaikkan atau menurunkan penumpang. Tempat dan sarana umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang disebut stasiun kereta api. Kereta api tidak berhenti di sembarang tempat karena satu jalan kereta api dipakai untuk lebih dari satu kereta api. Kalau berhenti di sembarang tempat nanti bisa terjadi tabrakan kereta api.
Jalan kereta api tidak sama seperti jalan mobil. Untuk kereta api, dibuatkan jalan khusus yang di sebut rel. Rel terbuat dari besi baja yang panjang, diberi alas kayu atau beton.
Perusahaan yang mengelola jasa kereta api di Indonesia adalah PT. KAI yang sebelumnya bernama PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api), sedangkan perusahaan yang membuat gerbong kereta api yaitu PT. Industri Kereta Api (PT.INKA) yang berada di Madiun, Jawa Timur.

3)      Angkutan sungai, danau, dan penyebrangan
Banyak sungai di Indinesia yang dijadikan sebagai prasarana lalu lintas air, misalnya Sungai Batanghari di Jambi, Sungai Musi di Sumatra Selatan, dan Sungai Kapuas di Pontianak. Alat angkut yang digunakan yaitu perahu, sampan, perahu mesin, kapal feri dan speed boat.
Untuk keperluan penyeberangan ke pulau-pulau terdekat dapat memanfaatkan kapal feri. Angkutan perairan ditangani oleh ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan).

b.      Angkutan laut
Jenis transportasi laut masa kini di antaranya adalah perahu bermesin dan kapal. Kapal besar atau kapal kecil dapat dijumpai di pelabuhan karena kapal berlabuh di pelabuhan. Ketika berlabuh, kapal menaikkan dan menurunkan barang dan penumpang.
Jenis kapal berbagai macam. Ada kapal penumpang, kapal barang, kapal selam, kapal tunda, kapal tenker, dan kapal perang. Meurut fungsinya, ada bermacam-macam jenis kapal, yaitu :
1)      Kapal barang
Jenis kapal khusus untuk mengangkut barang-barang. Biasanya dipakai untuk mengangkut mobil, beras, kontainer, dan sebagainya.
2)      Kapal penumpang
Kapal yang khusus mengangkut orang. Yang termasuk kapal penumpang adalah kapal ferry.

3)      Kapal tanker
Kapal tenker adalah kapal yang khusus digunakan untuk mengangkut minyak, gas pelumas, solar, bensin.
4)      Kapal perang
Kapal perang adalah kapal yang khusus digunakan oleh angkutan laut untuk berperang. Kapal jenis ini dilengkapi dengan senjata-senjata dan meriam.
5)      Kapal tunda
Kapal tunda adalah kapal yang digunakan untuk memandu kapal-kapal besar waktu masuk ke pelabuhan atau keluar pelabuhan.
6)      Kapal ikan
Kapal ikan adalah kapal yang digunakan para nelayan khusus untuk menangkap ikan.
7)      Kapal riset
Kapal riset adalah kapal yang digunakan oleh para ahli atau peneliti untuk meneliti kehidupan laut.
Urusan transportasi laut diatur oleh Dirjen Perhubungan Laut di bawah naungan Departemen Perhubungan. Perusahaan yang menangani jasa pelayaran adalah PT. PELNI (Perusahaan Pelayaran Indonesia). Perusahaan yang membuat kapal di Indonesia adalah PT.PAL di Surabaya.
Masyarakat pada masa lalu menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit dan perahu layer. Perahu dayung dan rakit digerakkan oleh kekuatan tenaga manusia. Sedangkan perahu layar digerakkan oleh tenaga angin dan tenaga manusia. Seiring dengan ditemukannya mesin bermotor, masyarakat kini menggunakan perahu bermotor dan kapal sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern dapat mengangkut barang berton-ton serta dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Bahkan kini sebuah kapal besar dapat digunakan sebagai landasan pesawat tempur. Kapal ini dinamakan kapal induk.

c.       Angkutan udara
Alat transportasi udara merupakan alat transportasi yang cukup penting untuk melayani hubungan antar daerah, antar pulau, dan antar negara. Tempat untuk mendarat dan pemberangkatan pesawat terbang dinamakan pelabuhab udara atau bandara. Perusahaan penerbangan di Indonesia di antaranya PT. Merpati Nusantara, PT. Mandala, PT. Garuda Indonesia Airways, dan lain-lain.
Kamu tentu pernah melihat pesawat terbang, baik secara langsung maupun lewat televisi. Pesawat terbang merupakan angkutan udara yang sangat canggih. Perjalanan pesawat terbang lebih cepat dibandingkan dengan angkutan darat atau angkutan laut. Sekarang terdapat berbagai jenis alat angkutan udara antara lain helikopter, pesawat tempur serta pesawat penumpang. Bahkan kini manusia dapat menjelajahi luar angkasa dengan menggunakan pesawat luar angkasa.
Alat transportasi pada masa lalu mempunyai ciri-ciri tenaga yang digunakan merupakan tenaga hewan seperti kuda, gajah, dan sapi bentuk peralatannya sederhana dan memanfaatkan alam sekitar.
Alat trasportasi modern mempunyai ciri berbahan lebih kuat, masing-masing bahan dikaitkan las dan baut, serta bentuknya telah disusun dengan rapi dan baik sehingga nyaman dan menarik.
Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

7 Responses to "TEKNOLOGI, PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI"

  1. bagus... bisa jadi rekomendasi tugas anak..ijin share..

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas artikelnya
    bisa jadi tambahan and rekomendasi tugas anak di sekolah

    ReplyDelete
  3. Terimakasih jeng sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete
  4. sayangnya gk bisa di copas jadi susah untuk menjadikan tambahan

    ReplyDelete
  5. yah gak bisa di copas, jadinya gak bisa jadi tambahan :(

    ReplyDelete
pesan dan kesan:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel