Alat Optik


Benda yang memanfaatkan sifat-sifat cahaya disebut alat optik.

Lup

Lup terbuat dari sebuah lensa positif. Lup digunakan sebagai kaca pembesar. Lup biasa digunakan untuk mengamati benda yang kecil. Misalnya digunakan oleh tukang arloji, peneliti tumbuhan dan dalam bidang grafis.





Kamera

Kamera minimal menggunakan satu lensa positif. Kamera digunakan untuk membentuk gambar suatu benda.









Mikroskop

Mikroskop adalah benda optik yang digunakan untuk melihat benda-benda sangat kecil (tidak kasat mata). Misalnya, bakteri, jamur, atau benda-benda renik lainnya.









Teropong bintang

Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat jauh. Misalnya untuk melihat benda langit atau bintang.



Teropong bumi

Teropong bumi disebut juga  teropong yojana. Alat ini digunakan untuk melihat benda-benda jauh, yang terletak di permukaan bumi. Misalnya, untuk melihat kondisi medan dalam suatu pengintaian.








Teropong panggung

Teropong panggung adalah jenis teropong yang digunakan untuk melihat benda-benda jauh di panggung. Nama lain teropong panggung adalah  teropong tonil.



OHP

Overhead Projector adalah alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada layar. Proyektor digunakan untuk menghasilkan bayangan nyata pada layar. Proyektor terdiri atas lampu, cermin cekung, dan lensa cembung. Penggunaan proyektor misalnya di bioskop dan dalam rapat-rapat atau seminar.






Periskop

Periskop adalah teropong dengan cermin datar. Periskop digunakan pada kapal selam untuk melihat benda-benda di permukaan air.








Deena Setyowati Just wanna write what I want to write . . .

0 Response to "Alat Optik"

Post a Comment

pesan dan kesan:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel